Minggu, 29 April 2012

Transfer Contacts dari Android ke Symbian

Holaaa..sekali nge-blog langsung ketagihan, hehehe...

Setelah berbagi ilmu tentang transfer contact dari Symbian ke Android, kali ini mau berbagi ilmu transfer contact dari Android ke Symbian, biar adil dua-duanya langsung dibagikan :D. Caranya hampir mirip dengan sebelumnya, cuma sekarang agak sedikit tricky, karena kali ini tidak bisa langsung import dari .CSV ke hape Symbian, jadi ada tambahan bahan yaitu Microsoft Outlook. Penasaran...langsung kita kupas tuntas bareng yaa.

Sekarang kita mulai dari login ke akun Gmail dan masuk menu Contact, lalu kita pilih contact yang akan dipindahkan lalu pilih export, jadilah file .CSV yang dibutuhkan (penjelasan cara masuk menu mulai dari login sampai export, mirip seperti cara pada bacaan transfer contact dari Symbian ke Android :D). Setelah itu kita masuk ke Microsoft Outlook, lalu pilih Contact. Dari sini kita pilih tab File>Import and Export, lalu pilih file .CSV yang kita dapatkan dari akun Gmail kemudian proses. Jadilah contact Outlook kita terisi dengan contact dari akun Gmail.

Lalu kita hubungkan handset Symbian kita dengan Nokia PC Suite, lalu pilih synchronize, akan ada pilihan sinkronisasi dengan Outlook, pilih dan proses. Sesaat kemudian contact di hape Symbian kita sudah terisi dengan contact yang kita butuhkan. Sekali lagi mudah kan..selamat mencoba yaa :-).

Fyi, hape yang digunakan adalah Nokia E63 dan LG Optimus Black, semoga dapat diaplikasikan ilmunya untuk handphone lainnya yang berbasis Symbian dan Android.

Tidak ada komentar: