Minggu, 29 April 2012

Transfer Contacts dari Symbian ke Android

I am back...V-__-

Wah sudah lama banget tidak berbagi and sudah lama juga tidak monitoring blog, busy euy..(sok sibuk mode: on) :p. Hari ini mau berbagi pengalaman saat mencoba transfer contacts yang ada di handphone nokia berbasis symbian ke handphone berbasis android, hape yang digunakan adalah optimus black dari LG.

Saat pertama kali bingung bagaiamana ya caranya karena kedua handphone ini berbeda platform OS. Kemudian mencoba menganalisa kalau kedua handphone ini terdapat option import/export pada menu contact. Secara logika kan tinggal import dari handphone yang satu ke handphone lainnya, tetapi ternyata tidak segampang itu juga, hehehe. Akhirnya percobaan trial and error pun dimulai dan sampailah menemukan cara yang cocok, tenang sebentar lagi akan dibagikan kok ilmunya :D.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
- Kedua handphone, pastinya doong :D
- Kabel data untuk handphone symbian
- Nokia PC Suite
- Akun Gmail

Caranya adalah sebagai berikut:
Hubungkan handset nokia anda dengan PC/notebook/netbook dengan menggunakan PC Suite, lalu masuk ke pilihan contact. Dari sini select all contact (atau pilih sesuka hati Anda contact mana saja yang mau dipindahkan) dan pilih tab File>Export, maka seluruh contact yang dipilih akan dicompress menjadi satu file .CSV, nah file inilah yang akan kita "lempar" ke akun gmail nantinya.

As we know atau selayang pandang, handset berplatform android selalu meminta akun gmail ketika handset ini dinyalakan pertama kali, hal ini diperlukan untuk mengakses beberapa layanan yang terkait dengan android, begitu juga untuk synchronisasi data.

Ok back to topic, setelah .CSV didapatkan, sekarang saatnya kita login ke akun Gmail. Dari menu Gmail akan ada semacam droplist (sebelah pojok kiri atas) yang kita bisa pilih Contact. Setelah masuk, pilihlah More dan disitu akan tertampil pilihan import, lalu masukkan file .CSV tadi dan proses. Lalu akan muncul list contact yang ada di hape symbian dalam contact akun Gmail kita. Setalah proses synchronisasi contact selesai, sekarang saatnya kita bermain di handphone android. Pilih Setting>Account, lalu jalankan synchronisasi contact dan triiiing...contacts berhasil dipindahkan, mission's accomplished. Mudah kan...:D.

Selamat mencoba teman-teman..dan semoga ilmu ini berguna.

Tidak ada komentar: