Rabu, 18 Februari 2009

Partisi harddisk di Vista

Bagaimana si cara partisi harddisk di Vista??? Mungkin itu pertanyaan dari sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan os Vista, termasuk saya :D.

Setelah dicari melalui internet, ternyata ada cara mudahnya, yaitu melalui Disk Management. Tetapi melalui cara ini ada kelemahannya, yaitu user tidak dapat sebebasnya menentukan besarnya partisi, karena secara otomatis akan langsung ditentukan oleh vistanya sendiri.

Misalkan Anda mempunyai kapasitas harddisk 160 GB, dengan menggunakan disk management, vista langsung menentukan alokasi harddisk Anda untuk C: 95 GB, dan untuk E: 65 GB (ini cara menjelaskan mudahnya aja ya :D). Setelah itu Anda tidak bisa memperbesar alokasi untuk E: secara bebas, karena sudah dipatok oleh disk management untuk C: minimal sebesar 95 GB. Mungkin ada tools lain atau cara lain selain disk management untuk bisa mempartisi harddisk secara bebas di vista, Anda bisa membagi ilmu Anda di sini..:D. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya... :)

Untuk langkah-langkah mempartisi harddisk melalui vista adalah sebagai berikut:

Start > dari Start search ketikkan "management" > lalu pilih Computer Management >
dari kolom bagian kiri pilih Storage > Disk Management > maka akan muncul informasi kapasitas harddisk Anda di kolom tengah > lalu di kolom tengah pilih drive yang mau dipartisi > di kolom paling kanan pilih Disk management > More Actions > All tasks > Shrink Volume

Semoga bisa membantu... :D

Nb: selama saya mencoba partisi harddisk ini Alhamdulillah tidak ada masalah, saya menggunakan power dari listrik daripada battery (mencoba di notebook Vo_o). Yang penting jangan sampai mati listrik kali ya :D.

Tidak ada komentar: