Minggu, 16 Agustus 2009

HTC Diamond Sebagai Modem

HTC diamond memang memiliki layar yang lebar dan fitur touchscreen, sehingga nyaman digunakan untuk berinternet ria. Tetapi saya juga ingin agar device tersebut bisa menjadi modem, sehingga dapat berinternet ria dengan menggunakan pc/notebook. Pertanyaan yang timbul, bagaimana caranya agar device ini menjadi sebuah modem, karena saya tidak menginstall htc pc suite di notebook. Seperti device-device saya sebelumnya yaitu sony ericsson dan nokia, mereka mempunyai pc suite yang dapat dengan mudah menyambungkan dan memutuskan koneksi internet ketika device-device tersebut sebagai modem.

Setelah browsing-browsing untuk mendapatkan jawaban tersebut, akhirnya tidak ketemu juga (mungkin kurang gigih juga untuk mencarinya :p). Hampir menyerah untuk mencari jawaban tersebut, akhirnya saya baca-baca kembali user manual yang diberikan htc (berupa pdf). Alhamdulillah ternyata saya menemukan caranya dari user manual tersebut. Biasanya kontrol untuk menyambungkan dan memutuskan koneksi internet ada di pc/notebook tempat diinstallnya pc suite. Beda halnya dengan htc diamond, ternyata kontrol untuk menyambungkan dan memutuskan koneksi internet ada di device itu sendiri (luar biasa menurut saya, karena baru kali ini menemukan hal seperti ini, apa karena baru pertama kali memakai ponsel pintar berbasis windows mobile? mungkin saja :D).

Intinya saya tinggal menyambungkan notebook dengan htc diamond via kabel usb, yang saya gunakan mode transfer file (ada dua pilihan ketika htc diamond dihubungkan ke pc/notebook, yaitu active sync dan transfer file). Setelah itu untuk menjadikan htc diamond sebagai modem, langkah-langkahnya sebagai berikut:

- tap tombol Start > Programs > Internet Sharing
- di pilihan PC Connection, pilih USB
- di pilihan Network Connection, pilih jaringan yang akan digunakan
- tap connect, untuk memutuskan tap disconnect

Setelah langkah-langkah di atas selesai, HTC diamond siap digunakan sebagai modem untuk berinternet ria. Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar: