Rabu, 13 April 2011

Blackberry versus Android

Setelah mencoba beberapa handset android ada kepuasan yang masih belum terpenuhi, terutama dari sisi paket internet dan kecepatan koneksi data (messenger dan email). Akhirnya beberapa saat yg lalu dapet kesempatan nyicip blackberry juga. Dari pengalaman nyicip blackberry dan android, gw nyimpulin seperti ini:

1. Blackberry unggul dari sisi paket internet, dengan paket unlimited sudah bisa dapat internet unlimited, bbm an sepuasnya, dan dapat layanan push mail. Android masih menggunakan paket internet standar operator, udah mahal dibatas pula kuotanya.
2. Blackberry unggul dari sisi push mailnya, bener2 uptodate dan sekali buka email tidak perlu load ulang. Android masih ada jeda dalam push email, dan perlu load isi email ketika dibuka, karena yang ditampilkan hanya header emailnya saja.
3. Blackberry agak ribet dalam pengaturan wifi dan bluetooth, mungkin karena ikutan paket blackberry yang disediakan operator. Android dalam pengaturan wifi sangat mudah, tinggal deteksi, connect dan siap digunakan. Cuma untuk koneksi bluetooth kadang susah dipairing dengan device lainnya.
4. Karena blackberry lebih ditujukan untuk kalangan bisnis, maka dari sisi entertainment masih kurang jika dibandingkan dengan android.
5. Aplikasi gratisan lebih banyak disediakan android market jika dibandingkan dengan yang disediakan blackberry app world.
6. Dari sisi kekuatan baterai perbedaan blackberry dengan android tidak terlalu signifikan.

Itulah kesimpulan yang bisa gw ambil ketika menggunakan kedua handset tersebut. Untuk pilihan tergantung anda, apakah mau mengedepankan sisi bisnis ataukah sisi hiburan. The choice is yours..:-D
Published with Blogger-droid v1.6.8

Tidak ada komentar: