Minggu, 10 April 2011

Testing Blackberry

Setelah berkutat dengan handphone berbasis symbian dan android, akhirnya ada kesempatan untuk menjajal handphone dengan os blacberry. Tipe blackberry yang beruntung gw tes adalah blackberry curve 3G aka gemini 2 aka kepler.

Dari bentuk kepler memang bagus dengan lekukan sudut yang sedikit melengkung. Dari sisi layar pun tergolong enak untuk mengakses berbagai macam aplikasi karena layarnya tergolong lebar. Dari sisi keypad memang kuranh comfy jika dibandingkan nokia c3 yang gw punya. Tapi jika melirik tipe blackberry lainnya semacam onyx dan javelin., keduanya juga masih kalah dengan keempukan nokia c3. Jadi bisa memaklumi kalau semua tipe keypad blackberry memang kurang comfy. Yang terpenting keypad untuk kepler masih enak dalam pengetikan.

Dari sisi koneksi internet, gw memilih paket blackberry unlimited yang disediakan provider telkomsel. Setelah dicoba memang cukup mengejutkan, karena kemampuan browsing dan download di atas kemampuan handphone berbasis symbian semacam nokia. Kalau dicompare dengan android, blackberry memang menang tipis :-D. Entah hal ini terjadi karena blackberru punya jalur koneksi sendiri via rim atau bagaimana, tapi menurut gw sangat memuaskan.

Now we talk about blackberry messenger atau yang dikenal dengan istilah bbm- an. Hal ini adalah hal yang baru buat gw, karena biasanya menggunakan ym, gtalk, dan pingchat (aplikasi messenger di android). Dari sisi send-received message cukup cepat responsenya, jadi tidak perlu menunggu lama. Mungkin ini juga dipengaruhi provider internetnya, karena ada teman yang response bbm nya lemot dengan menggunakan provider berbeda. Hal yang keren di bbm adalah fitur send-received file, bisa dalam format dokumen, gambar, maupun musik. Cuma pernah ada masalah ketika mengirimkan file di atas 7 MB via bbm, hasilnya selalu failed. Mungkin ini bisa jd catatan buat pihak rim, ataukah ini memang kebijakan rim untuk membatasi transfer file via bbm untuk mencegah adanya traffic data tinggi di jalur bbm.

Kesimpulan secara keseluruhan ane puas memakai blackberry kepler dari hal-hal yang disajikan. Tetapi kekurangannya adalah sisi entertainmentnya alias games. Emang si blackberry lebih mengedepankan sisi bisnis atau komunikasinya. Sekian review ane tentang blackberry, dan sampai jumpa di ulasan handphone berikutnya. Salam review :-D
Published with Blogger-droid v1.6.8

Tidak ada komentar: