Sabtu, 23 April 2011

Review Garmin Asus A10

Jika ada gps berandroid maka bisa ditemukan di handphone hasil kolaborasi garmin dan asus. Type yang kali ini direview penulis adalah garmin asus a10. Penulis tidak akan mengungkap specification detailnya, karena hal itu bisa diungkapkan di gsm arena. Penulis akan mengungkapkan pengalaman selama menggunakan garmin asus a10.

Ok langsung aja penulis akan mengungkapkan review dari sisi gps dan android yang disajikan oleh handphone ini. Pertama dari sisi gps, yang diusung garmin asus a10 merupakan bawaan dari garmin (salah satu penyedia gps terbaik di dunia). Ketika menggunakan gps, penulis sudah mencoba baik di dalam kota maupun luar kota. Gps yang disajikan penulis rasakan sangat baik, karena akurat, locking position cepat, tampilan keren,dan tidak memakan pulsa. Akurat, karena my position sangat tepat dan jalur menuju tujuan tepat. Jika kita tidak mengikuti jalur yang diarahkan, otomatis gps akan recalculating jalur. Locking position cepat, karena tidak membutuhkan waktu tidak lama untuk menemukan my position, di bawah 30 detik. Tampilan keren, karena di display ditampilkan kecepatan kendaraan, dan ketika persimpangan keluar tol akan ditampilkan gambar yg mirip jalur kendaraan dengan gambar plang informasi jalur. Tidak memakan pulsa, karena peta merupakan file yang terintegrasi dengan handphonenya, jadi tidak perlu mengunduh dari internet ketika menggunakan. Untuk akurasi posisi pun berdasarkan satelit yang sudah disediakan garmin. Kekurangan dari handphone ini ketika digunakan di dalam gedung berkaca tebal sinyal satelit tidak terjangkau, karena itu kadang missed position. Selain itu peta yang disajikan adalah peta Indonesia tahun 2007, jadi ada beberapa jalur yang tidak tampil. Kekurangan terakhir bisa diatasi dengan mengupdate peta terbari dengan cara mengunduhnya.

Kedua dari sisi android, yang disematkan di garmin asus a10 adalah android versi 2.1 aka eclair. Yang rasakan penulis sudah cukul puas, karena sudah dapat mengakomodir kebutuhan penulis dengan baik. Untuk upgrade ke froyo secara official belum terdengar dari garmin asusnya sendiri. Cuma terdengar kabar garmin asus sudah tidak bekerja sama lagi dalam memproduksi handphone, bisa dikatakan garmin asus a10 adalah salah satu handphone terakhir hasil buah tangan kedua perusahaan tersebut. Semoga walaupun sudah tidak bekerja sama, pengembangan software untuk garmin asus a10 tidak dihentikan.

Kelebihan garmin asus a10 dibandingkan handphone android yang pernah dipakai penulis adalah sudah memilkiki 512 ram / 512 rom. Jadi ketika memakai handphone ini tidak terasa lag jika dibandingkan handphone-handphone lainnya.

Sekian review yang bisa disajikan penulis mengenai garmin asus a10. Semoga bisa dijadikan referensi dalam membeli gps berandroid :-D
Published with Blogger-droid v1.6.8

Tidak ada komentar: