Selasa, 01 Mei 2012

Car Free Day di Jakarta

Kali ini mau membahas tentang Car Free Day di Jakarta. Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apa sih Car Free Day dan kapan ya ada Car Free Day di Jakarta. Kali ini saya akan membahasnya dan semoga bisa membantu teman-teman yang masih memiliki pertanyaan yang sama seperti di atas.

Car free day yang bisa diartikan langsung sebagai hari bebas mobil/kendaraan bermotor adalah hari dimana di jalan yang sudah ditentukan bebas dari kendaraan bermotor, baik mobil, motor, bus, dan sejenisnya. Pada hari ini bisa diibaratkan "surga" bagi pejalan kaki, pesepeda, ataupun orang-orang yang sekedar berolahraga. Jalan raya pun seolah-olah disulap menjadi semaacam stadion olahraga yang tentunya bebas polusi. Selain banyak orang berolahraga di jalan raya yang biasa penuh sesak kendaraan, biasanya di pinggir jalan pun didirikan stand-stand yang menarik para olahragawan, seperti stand sepeda, stand music, stand makanan-minuman, dan sebagainya. Ada juga kegiatan yang diselenggarakan berkelompok, seperti komunitas sepeda ontel, sepeda fixie, event jalan pagi atau senam pagi yang diselenggarakan oleh berbagai macam sponsor.

Untuk waktunya, Car free day biasa diselenggarakan setiap hari Minggu pada minggu kedua dan minggu keempat kalender. Jadi jika tanggal 1 adalah hari Minggu maka bisa diartikan tanggal 1 itu adalah minggu pertama kalender, jadi car free day akan diselenggarakan pada minggu berikutnya. Jamnya dimulai pukul 06:00 sampai pukul 12:00 siang. Area yang dikenakan car free day dimulai dari bundaran Senayan (tepatnya depan gedung Fx), jalan Sudirman, jalan M.H. Thamrin, sampai patung kuda Monas. Jadi sebelum teman-teman memasuki kawasan Sudirman sampai Monas pada hari Minggu, sebaiknya mengecek kalender terlebih dahulu untuk menghindari jalurnya dialihkan dan akhirnya merugikan karena harus melewati rute yang lebih jauh. Sekian berbagi ilmu mengenai Car Free Day di Jakarta. Senang bisa berbagi..^__^

Tidak ada komentar: