Sabtu, 12 Mei 2012

Membuat Hotspot via Notebook OS Windows Vista

Hi all...kali ini mau berbagi pengalaman mengenai cara membuat hotspot dengan menggunakan notebook berbasis OS Windows Vista. Ternyata caranya sangat mudah, karena dalam Vista sudah disediakan fiturnya, secara tinggal pakai. Cuma karena keterbatasan pengetahuan fitur-fitur yang ada, sehingga kita belum aware ternyata fitur yang kita butuhkan sudah ada (termasuk saya ini, hehehe). Nanti akan kita bahas bahan-bahan yang dibutuhkan, cara penyetingan dan bagaimana menggunakannya. Let's go....

Langkah awal adalah kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:
- Sebuah notebook, netbook, atau PC juga bisa
- OS yang digunakan berbasis Windows Vista
- Modem penghubung ke internet
- Sebuah notebook, netbook, atau PC yang nantinya akan menggunakan fasilitas hotpot ini

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah ready, saatnya kita melakukan penyetingan hotspot. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Hubungkan modem ke notebook (katakanlah percobaan kali ini menggunakan notebook)
2. Lalu coba jalankan apakah notebook sudah bisa terhubung ke internet
3. Jika sudah terhubung, saatnya menyalakan wifi pada notebook
4. Barulah kita lakukan penyetingan hotspotnya. Masuk ke Control Panel, lalu pilih Network and Internet, setelah itu pilih Setup New Connection. Kemudian pilih AdHoc Wireless Network dan Next. Lalu masukan SSID nya, misalkan: Adam Hotspot dan masukkan passwordnya. Untuk jenis koneksinya pilih WPE, Next dan jalankan koneksi yang telah disetup.
Dari sini untuk penyetingan sudah selesai, sekarang saatnya menggunakan hotspot yang telah dibuat.

Notebook yang akan menggunakan fasilitas hotspot dijalankan wifinya, nanti akan terdetect hotspot yang telah dibuat sebelumnya, misalkan: Adam Hotspot. Pilih hotspotnya dan klik Connect, nantinya akan diminta password dan masukkan password saat penyetingan hotspot sebelumnya. Dan...selamat Anda sudah teruhubung dengan hotspot yang telah dibuat, saatnya berinternet ria di posisi manapun selama masih dalam jangkauan hotspotnya, sebagai info jangakauannya adalah 30 kaki.

Note: hotspot yang telah dibuat entah kenapa belum bisa terdetect oleh smartphone, yang digunakan berbasis Android. Mungkin suatu saat nanti akan ketemu solusinya.

Salam berbagi...^__^

Tidak ada komentar: