Jumat, 04 Mei 2012

Special Review Netbook Asus 1225B

Akhirnya pilihan jatuh kepada netbook Asus 1225B :D. Ada beberapa pertimbangan mengapa saya akhirnya menjatuhkan pilihan kepada netbook ini. Pada tulisan kali ini akan kita bahas satu per satu, tetapi sebelumnya akan ada selayang pandang tentang netbook Asus 1225B.

Netbook Asus 1225B adalah netbook keluaran terbaru dari Asus di tahun 2012. Netbook ini bisa dikatakan penerus dari kakaknya yaitu 1215B. Spesifikasi yang diusung netbook ini adalah sebagai berikut:
- Processor E450 (AMD Brazos APU) dual core 1.65 GHz dan L2 cache 1Mb
- Standard memory 2 GB DDR3 (dengan maksimum memory 4GB, 2 DIMMs)
- Video graphis AMD Radeon 6320, dengan mendukung DirectX 11
- Display size 11.6 WXGA LED, dengan resolusi maksimum 1366 x 768
- Ukuran harddisk 320 GB Serial ATA 5400 Rpm
- Wireless network protocol IEEE 802.11b, IEEE 802.11g
- Touchpad, multitouch dan bisa pich to zoom
- Interface port, 2x USB 3.0, 1x USB 2.0, VGA output, HDMI, LAN, audio (in-out)
- Battery Li-ion 6 cells
- Charger compact dengan ukuran yang tidak besar seperti notebook

Asus 1225B yang dipilih berwarna putih, dimana shell bagian luar berwarna putih dengan sedikit glitter yang akan memantulkan cahaya, dan terdapat tulisan ASUS berwarna silver metalik. Bagian bawah pun berwarna putih doff, yang jika dibulak-balik netbook ini kelihatan elegan baik bagian atas maupun bawah. Menilik ke bagian dalam, dimana frame sekeliling layar berwarna silver dan terdapat tulisan ASUS berwarna silver metalik di bagian bawah frame. Di bagian atas terdapat webcam yang bisa zoom sampai 4x dan terdapat pelindung kamera yang dapat menutup lensa jika tidak dipakai, lensa bisa aman dari debu. Di area pengetikan, keyboard yang disediakan bertipe chiclet, dimana antara tombol yang satu dengan lainnya terdapat space, nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu yang lama. Di bagian atas keyboard terdapat dua tombol fisik, di sebelah kanan tombol on/off dan di sebelah kiri untuk menyalakan wifi. Di bagian bawah keyboard terdapat touchpad yang sudah mendukung multitouch, dan bagian bawah touchpad terdapat left click dan right click seperti layaknya pada mouse. Sekarang beralih ke bagian interface port yang berada di sisi kiri dan kanan netbook. Di sisi kiri terdapat port charger, 2x USB 3.0, ventilasi untuk aliran udara panas, dan HDMI. Sedangkan di sisi kanan terdapat VGA out, slot untuk memory card, lubang untuk lock chain, 1x USB 2.0, dan in-out audio. Dan terakhir untuk speakernya ditempatkan di bagian depan agak ke bawah dari netbook.

Setelah selayang pandang di atas, saatnya saya mengutarakan kenapa akhirnya pilihan jatuh kepada Asus 1225B. Jika dibandingkan dengan Asus 1215B memang secara speisifikasi tidak jauh beda, tetapi menurut penulis ada beberapa kelebihan yang dimiliki Asus 1225B sehingga layak menjadi pilihan, berikut kelebihannya:
- Secara display, inilah yang pertama kali saya lihat dalam memilih netbook ini, dimana Asus 1225B mengusung layar 11.6" yang pastinya tidak terlihat kekecilan dan juga tidak kebesaran seperti layaknya notebook. Untuk Asus 1215B menurut saya dengan layar 12.1" masih terlalu besar untuk ukuran sebuah netbook.
- Secara video graphis, dimana Asus 1225B sudah mengadopsi AMD Radeon 6320, yang pastinya memiliki kelebihan daripada versi 6310 yang disematkan Asus 1215B.
- Secara interface port USB, dimana Asus 1225B sudah mengadopsi 2x USB 3.0, yang pasti ke depannya untuk urusan interface dengan USB tidak akan ketinggalan, karena USB 3.0 adalah penerus USB 2.0 dan saat ini mulai bermunculan.
- Walaupun sudah mengadopsi USB 3.0 tetapi Asus 1225B tetap menyediakan USB 2.0, yang masih dibutuhkan untuk peralatan-peralatan yang memakai USB 2.0.
- Keluaran terbaru dari Asus di tahun 2012, dimana Asus 1215B keluaran tahun 2011, pastinya Asus 1225B mengalami penyempurnaan dari kakaknya.

Demikian pertimbangan saya kenapa akhirnya memilih Asus 1225B. Untuk tulisan kali ini adalah pandangan obyektif dari sisi penulis, tetapi pastinya tiap orang mempunyai pandangan masing-masing, dimana kekurangan bisa menjadi kelebihan dan begitu pula sebaliknya. Semoga review khusus kali ini bisa menambah pengetahuan atau referensi teman-teman dari sisi-sisi apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah netbook. Pilihan akhir pastinya jatuh kepada pribadi masing-masing. Semoga bermanfaat :-D. Salam berbagi... ^__^

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Kelemahan fatal dari seri 1225B ini adalah memorynya TIDAK BISA DI UPGRADE, karena keping RAM 2 GB nya di solder mati ke mainboard. Beda dengan seri 1215B yang bebas di upgrade RAM nya sampai 8 GB.

Adam S Akbar mengatakan...

Masih ada satu slot lagi bro, jadi bisa sampai 4GB. Kalau baca di spec asus nya, maksimumnya memang cuma sampai 4GB, kalaupun bisa dipaksakan sampai 8GB seperti pada 1215B (yang kalau tidak salah 1215B maksimum RAMnya juga 4GB, maka akan melebihi rekomendasi yang disarankan), kita tidak tahu dampak ke depannya seperti apa :D.
Pengalaman saya pakai 1225B dengan 2GB saja sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari, kuenceng bro..:D

Yudith Prast mengatakan...

Salam kenal Berkat review warung ini akhirnya aku meminang Asus 1225B. Overall, aku puas dengan tampilan dan kinerjanya. Namun ada satu hal yang sungguh mengganggu: hardisknya tidak bisa dipartisi baik saat install win 7 maupaun lewat interface windows. Hingga drive yg ada cuma C doang. Bagaimana pengalaman bro Adam??

Adam S Akbar mengatakan...

Sip..semoga awet ya, karena pengalaman saya sendiri puas menggunakan netbook ini. Ane pake windows 7 64 bit, untuk partisi harddisk coba masbro pake Disk Management, langkahnya mungkin mirip dengan tulisan saya saat partisi harddisk di winVista (bisa disearch di blog ini). Cuma setahu saya kelemahannya kita ga bisa menentukan besarnya partisi yang diinginkan. Jangan lupa backup data dulu dan resiko ditanggung sendiri ya, tapi setahu saya ini cara partisi harddisk yang aman. Thanks udah mampir.

Anonim mengatakan...

nyesel beli 1225b..
pas gw donlot game ps3 sonic generations yg size nya 7 giga an. hasilnya lagg setengah mati, rasanya mo banting nih pc :D

Anonim mengatakan...

Mungkin procie nya C60 jd lagg :)

Unknown mengatakan...

bos kalo game ?game ap aj yg udh di test?

Unknown mengatakan...

asus 1225 b gw tdk dapat boating al mati. kelihatannya ram/board. berapa harganya?

Adam S Akbar mengatakan...

Halo masbro Gemscool, ane kurang begitu suka nge-game di netbook karena layarnya yang kurang optimal. Tapi ane pernah nyoba nge game warcraft masih lancar jaya :-D

Halo masbro Agus, ane kurang tahu klo soal harga jeroannya, secara alhamdulillah punya ane ga pernah bermasalah, sampai saatnya tiba ane jual karena ada kebutuhan lainnya :-D

Anonim mengatakan...

Sekarang berapa harga nya masbroo

http://ppdbsmkmanusa-smph.blogspot.com/ mengatakan...

Di ganti cmosnya bos....punya saya ga mau booting, ganti cmosnya aman lancar, jalan lg